Categories
Uncategorized

6 Desain Landscape Taman di Hunian Kecil, Kesejukannya Hilangkan Stres!

Jangan kira merapikan taman hanya sekadar memilah-milih tanaman hias atau menetapkan material apa yang akan diterapkan. Komponen lebih-lebih sebelum mengawali merapikan taman di rumahmu merupakan mendesainlandscape taman tersebut. Landscape taman mencakup bermacam-macam aspek pemberesan ruang, seperti pembagian zona, aliran akses untuk mobilisasi, dan pemanfaatan luas lahan, yang seringnya terbatas.

Nggak hanya situasi sulit keterbatasan lahan, tingginya curah hujan, intensitas matahari, dan polusi udara seringkali menjadi situasi sulit dalam merancang landscape taman untuk rumah-rumah di zona perkotaan.

Dengan adanya bermacam-macam situasi sulit ini, kamu memang dituntut untuk sedikit mengerahkan kreatifitas dikala mendesain landscape taman. Tetapi, jangan kuatir kali ini Kania sudah merangkum sebagian inspirasi landscape taman beserta metode mensiasati situasi sulit dalam mendesainnya.

  1. Tipe Paving Block dan Rumput padaLandscape Taman Belakang Rumah
    Landscape taman minimalis dengan perpaduan rumput dan paving block

Kesan eksotis merupakan kesan yang gampang diperoleh untuk kita yang tinggal di wilayah tropis. Landscape taman yang dapat kamu coba terapkan sebagai metode mengolah eksotisme iklim tropis merupakan dengan memadukan macam paving block dan tanaman ornamental. Seperti yang terlihat pada landscape taman yang satu ini yang menampilakan nuansa hijau dari rumput taman.

Kesan tropis hadir maksimal dari kombinasi paving block semen, kerikil, dan rumput semak. Zona dekat dinding pembatas di tanami pohon yang berfungsi menghalau polusi sekalian sebagai penyejuk untuk landscape taman bergaya tropis.

Kanopi memang dapat dipasang untuk menghindari teriknya cahaya matahari. Tetapi, eksistensi kanopi juga dapat menjadi penghalang untuk kamu yang ingin menikmati estetika landscape taman secara leluasa. Meski terasa menyengat, limpahan cahaya matahari justru dapat kamu manfaatkan untuk menampakkan kesan modern pada desain sebuahlandscape taman. Baca juga tentang Taman Lanskap topseo.

Kesan modern hadir dari paving block kerikil yang mendominasi keseluruhan taman beserta tempat duduk dan dekorasi bola berwarna perak yang difungsikan sebagai focal point taman. Paving block ini dikelilingi oleh zona hijau yang ditanami oleh tanaman hias buah, berupa pohon-pohon jeruk. Bukan hanya dari warnanya, semerbak buahnya juga menyegarkan landscape taman modern ini.

  1. Landscape Taman dengan Kolam yang Bikin Adem

Pada landscape taman berukuran kecil seringnya unsur air, seperti kolam hias atau air terjun dekoratif ditempatkan di sudut taman bersama dengan tanaman hias. Tetapi, lain halnya dengan landscape taman kecil yang satu ini. Kolam ditempatkan di bagian depan landscape taman bergaya modern minimalis ini. Kecuali sebagai oase, dengan paving stone yang terpasang mengambang di atasnya, kolam ini juga menjadi zona transisi menuju bagian taman rumah utama.

  1. Landscape Taman Depan Rumah Bernuansa Tropis

Keasrian taman depan rumah dapat diperlihatkan dengan desain landscape taman bergaya tropis yang didominasi warna hijau ini. Berbeda dengan landscape taman modern, rumput, pohon, tanaman hias dan bunga tropis menjadi unsur alam yang melingkupi sebagian besar taman. Sementara jalan setapak, satu-satunya unsur yang difungsikan menjadi zona akses, sengaja dihasilkan berbelok-belok agar siapa saja yang berjalan melaluinya dapat menikmati pengalaman ruang terbuka yang menarik.

  1. Kesan Lapang di Landscape Taman Belakang yang Imut

Nggak seluruh ruang terbuka yang ada di rumah memiliki wujud yang pas, ada yang menyiku atau terlalu memanjang, melainkan lebarnya minim. Posisinya pun kadang-kadang tertempat pada zona sisa yang terpencil, seperti di samping atau di ujung rumah. Kunjungi juga Jasa Pembuatan Taman Lanskap.

Oleh maka, landscape taman dengan konsep minimalis pas untuk diterapkan pada posisi ruang terbuka seperti ini. Caranya, landscape taman dihasilkan dalam zonasi yang setara. Sekiranya bentuknya sempit dan memanjang seperti desain landscape taman ini, tempatkan zona hijau dibagian tengah dan zona duduk atau ruang santai menjorok dekat dengan dinding pembatas.

  1. Rimbunnya Hutan Tropis di Belakang Rumah

Halaman belakang rumah yang sempit bukan berarti menjadi penghalang untuk memiliki taman dengan pohon-pohon yang rimbun. Landscape taman yang satu ini sukses menghadirkan dua zona berbeda, merupakan zona duduk dan zona hijau, pada daerah yang terbatas. Meski jumlah pohon dan tanaman hias melimpah, pemberesan seperti ini tak membuat landscape taman belakang rumah terlihat penuh, pun terlihat menyejukkan sebab melindungi taman dari teriknya cahaya matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *