Categories
kontruksi

Faktor Penting Dalam Perancangan Bangunan

Dalam merancang sebuah bangunan tentunya dibutuhkan berbagai macam pertimbangan yang matang,karena pembuatan bangunan bukanlah hal yang dianggap remeh,diperlukan tingkat keakuratan yang tinggi agar bangunan yang didirikan layak untuk dihuni,seperti keamanannya yang terjamin dan juga kenyamanan untuk menghuni bangunan tersebut.

Ada faktor penting yang harus diperhatikan dalam merancang sebuah bangunan agar nantinya dapat tercipta bangunan yang baik.Faktor-faktor dalam perancangan bangunan berfungsi untuk menciptakan keseimbangan sebuah bangunan.

Faktor apa saja dalam perancangan bangunan yang dapat menciptakan kualitas bangunan yang baik?

Simak ulasan berikut untuk mendapatkan jawabannya.

Faktor Penting Dalam Perancangan Bangunan Agar Dapat Tercipta Bangunan Yang Baik

  • Kekuatan Bangunan

Kekuatan bangunan dimulai dari struktur pembangunnya.Struktur pembangun gedung tersebut juga membutuhkan pengetahuan yang lebih sampai ditinjau bagian-bagian dari struktur tersebut.Tinjauan yang dilakukan tersebut hubungannya sangat erat dengan perhitungan volume dan juga material yang dibutukan.

Pondasi yang kuat untuk menahan beban yang ada di atas dapat terdiri beberapa struktur misalnya sloof,kolom,balok lantai,da juga plat lantai.

Tentunya untuk menahan beban yang ada di atas memeerlukan struktur yang kuat,agar juga dapat juga menahan beban gerak,beban angin,gempa,dan lainnya.

  • Kestabilan Struktur

Syarat lain agar bangunan dapat dikatakan baik dan layak huni adalah stabilitas strukturnya yang bagus dan terjamin.Yang dimaksud dengan kestabilan struktur adalah  bahwa bangunan tidak akan roboh jika mendapat pengaruh dari luar.

Atau dengan kata lain memikirkan bagaimana caranya agar bangunan tersebut tetap berdiri di tempat yang sudah ditentukan dan tidak roboh ataupun miring jika mendapat dorongan penghambat dari luar.

Pemasangan struktur yang baik dan tepat akan berpengaruh pada kekuatan bangunan untuk berdiri dan tidak mengalami jatuh,sehingga mamapu memberikan layanan yang baik untuk dihuni.

  • Estetika

Estetika dalam arsitektur bangunan secara umum merupakan suatu filsafat bentuk dan ruang sehingga estetika ini dalam pemaparannya diarahkan pada pembahasan sebagai ilmu dan seni.

Estetika dalam sebuah bangunan haruslah terpenuhi hakekatnnya  baik sebagai wadah maupun fungsi,selain itu unsur seni dan keindahannya harus terpenuhi sehingga mencerminkan suatu fungsi.

Estetika atau keindahan arsitektur dalam bangunan dapat dilakukan dengan memadukan warna, pemilihan material yang dapat menimbulkan kesan keindaha dalam bangunan.

  • Kenyamanan

Kategori nyaman dalam bangunan dibagi menjadi tiga yaitu thermal yang mencakup suhu dan penghawaan,visual mencakup penglihatan,dan akustik mencakup suara.

Pada intinya kanyaman bangunan juga ditinjau dari perencanaan pembangunan bangunan,harsu ditentukan terlebih dahulu apa yang membuat bangunan menjadi nyaman dan bisa diterapkan saat proses pembangunan nanti.

  • Kesehatan

Menurut Winslow,ada kriteria untuk rumah dikatakan sehat yaitu dapat memenuhi kebutuhan fisiologis dan psikologisnya,serta dapat menghindarkan dari terjadinya kecelakaan dan penularan suatu penyakit.

Kesehatan juga berpengaruh pada kenyamanan penghuninya.Pastikan bahwa bangunan dapat memberikan kesehatan yang baik bagi para penghuninya agar nanti aktivitas penghuni bangunan tersebut tersebut tidak terganggu.

  • Lingkungan Hijau

Berdasarkan penelitian kesehatan masyarakat dari Universitas Harvard,Joseph Allen menjelaskan bahwa pembangunan rumah hijau melibatkan beberapa elemen esensial bangunan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas air dan udara,mengurangi polusi udara,menjaga temperature,dan juga untuk mengoptimalkan cahaya alami pada bangunan.

Bangunan yang dikelilingi oleh lingkungan hijau memiliki beragam manfaat yang dapat diperoleh,untuk itu tetap menjaga keberadaan pohon yang ada disekitar tempat untuk bangunan menjadi pilihan yang baik.

  • Ekonomis
Toy house and calculator on table close-up

Dalam perancangan pembangunan pun,faktor penting yang harus diperhatikan adalah budget yang tersedia untuk membangun sebuah bangunan.Jangan sampai Karena ingin bangunan yag tampil mewah dengan budget yang rendah membuat kualitas bangunan rendah dan tidak terjamin tingkat keamanan dan kenyamanannya bagi para penghuni.

Jika budget kurang,bisa dilakukan dengan membangun bangunan sederhana terlebih dahulu,namun memenuhi faktor-faktor penting yang ada dalam bangunan.Walau sederhana tapi terjamin keamanan dan kenyamanannya.

Seperti itulah faktor-faktor penting dalam perancangan bangunan agar dapat menciptakan bangunan yang baik.Dengan menerapkan faktor-faktor tersebut dalam pembangunan bangunan Anda semua,baik rumah,gedung ataupun bangunan lain.Diharapkan dapat menghasilkan sebuah bangunan yang terjamin keamanan dan kenyamanannya.

Anda menginginkan bangunan yang terjamin tingkat keamanan dan kenyamanannya,serta sesuai dengan keinginan Anda?

Anda dapat mewujudkan impian bangunan Anda cukup dengan Anda mengunjungi website https://www.adipranaindovesco.com/,dengan mengunjungi website tersebut Anda dapat membangun mimpi Anda dengan bangunan yang Anda impikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *