Categories
Uncategorized

Minuman Kopi Khas Indonesia

Kopi pertama kali dikembangkan sejak hampir 3000 tahun yang lalu oleh bangsa Ethiopia di Afrika Timur. Dari Ethiopia, kopi kemudian dibawa oleh para pedagang Arab ke Semenanjung Arab dan dikembangkan dalam hal penyajiannya. Dari sana kopi kemudian berkembang serta diperdagangkan hingga India dan wilayah Mediterania.

Sebelum tahun 1600-an, budidaya kopi tidak dikenal di dunia selain di Arab. Hal tersebut karena bangsa Arab hanya menjual biji kopi yang sudah dimasak kepada bangsa luar. Barulah setelah tahun 1600-an, biji kopi mulai diekspor dan di budidayakan di luar Arab.

Di Indonesia, kopi pertama kali ditanam di daerah Kedawung pada masa VOC di tahun 1696, namun mengalami kegagalan. Usaha penanaman tersebut mengalami kegagalan karena bencana alam seperti banjir dan gempa bumi yang terjadi pada zaman itu. Kemudian usaha kedua dilakukan dan membuahkan hasil kopi yang berkualitas baik. Karena hal tersebut maka kopi-kopi yang ditanam kemudian dijadikan bibit untuk dikembangkan ke berbagai daerah di Pulau Jawa serta di luar Pulau Jawa seperti Sumatera, Bali, hingga Sulawesi.

Persebaran dan budidaya kopi yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, membuat kopi memiliki keragaman dalam pengolahan dan penyajiannya. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas minuman kopinya masing-masing. Berikut adalah beberapa kopi khas Nusantara yang terkenal:

Kopi Tubruk

Kopi tubruk merupakan minuman yang awalnya banyak dikonsumsi di Jawa dan Bali. Kemudian menjadi populer di seluruh Indonesia karena proses penyajiannya sangat mudah. Penyajian kopi tubruk hanya dengan menyeduh biji kopi yang sudah digiling dengan air panas dan bisa ditambahkan gula. Selain disajikan dengan tambahan gula, kopi ini biasanya disajikan dengan susu dan disebut kopi susu.

Kopi Joss

Kopi Joss merupakan minuman khas dari angkringan di sepanjang Stasiun Tugu, Jogjakarta. Minuman kopi yang satu ini memiliki keunikan berupa cara penyajiannya. Kopi joss disajikan dengan menambahkan arang yang panas pada kopi sehingga kopi tersebut akan mendidih ketika disajikan.

Kopi Talua

Kopi Talua merupakan salah satu jenis minuman kopi yang berasal dari daerah Bukittinggi di Sumatera Barat. Kata talua pada kopi talua dalam bahasa minang berarti telur. Hal tersebut karena kopi talua merupakan minuman kopi yang dicampur dengan telur. Jenis telur yang digunakan adalah telur ayam atau telur bebek. Kopi talua menggunakan kuning telur yang sudah dikocok hingga berbusa kemudian dicampurkan dengan bubuk kayu manis dan susu kemudian dituang kopi panas.Kopi Tubruk

Kopi Saring

Kopi saring merupakan minuman khas dari Aceh. Disana terdapat begitu banyak kedai kopi yang menyediakan kopi saring sebagai menu utamanya. Berbeda dengan kopi biasa yang umumnya menggunakan saringan atau filter, kopi saring menggunakan saringan yang terbuat dari kain. Kopi kemudian disaring berulang kali dengan menarik kopi keatas berulang kali. Proses tersebut mirip dengan pembuatan teh tarik sehingga kopi saring disebut juga dengan kupi tarik.

Kopi Ijo

Salah satu jenis kopi unik yang ada di Indonesia adalah kopi ijo. Kopi ijo merupakan kopi yang berasal dari Tulungagung, Jawa Timur. Kopi ini disebut kopi ijo atau kopi hijau karena menggunakan biji kopi yang masih muda yang berwarna hijau. Kopi tersebut disangrai dalam wajan dari tanah liat dengan menggunakan kayu bakar. Ketika diseduh, sesuai namanya, kopi ini akan berwarna hijau kehitaman.

Dalam proses menggiling kopi, biasanya diperlukan mesin penggiling kopi. Mesin tersebut banyak dijual di berbagai tempat jual mesin pengolah makanan. Proses penggilingan kopi dengan menggunakan mesin penggiling kopi yang bagus, akan menghasilkan bubuk kopi yang berkualitas dan terjaga cita rasanya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *