Categories
Teknologi

Bagaimana Cara Menjadi Ahli SEO Freelance

SEO sangat penting untuk keberhasilan setiap bisnis online, jadi bagaimana Anda mulai membangun otoritas Anda sendiri sebagai seorang ahli di bidang ini?

Di blog ini, kami mengeksplorasi keterampilan dan ketajaman digital yang perlu Anda kembangkan untuk menjadi spesialis SEO lepas yang sukses.

Apa itu SEO dan mengapa itu penting?

SEO adalah tentang memastikan peringkat situs web Anda tinggi pada mesin pencari seperti Google untuk pencarian yang relevan, yang pada gilirannya akan meningkatkan penjualan Anda. Ini adalah kunci untuk menghasilkan lalu lintas untuk situs web Anda dan merupakan tulang punggung dari setiap strategi pemasaran digital yang baik. Sebagai indikator dasar seberapa baik kinerja situs web, ini merupakan komponen penting dari bisnis digital apa pun.

Meskipun ada banyak cara untuk mengarahkan traffic ke halaman Anda, penting untuk dicatat di sini bahwa SEO mengacu pada traffic organik – dengan kata lain, iklan yang tidak dibayar. Ini menunjukkan bagaimana orang (atau bisnis) mencari dan menemukan produk atau layanan dengan persyaratan mereka sendiri.

Apa keterampilan yang diperlukan untuk seorang profesional SEO?

Sebagian besar profesional digital memahami konsep inti SEO, tetapi apa saja elemen yang membawa Anda dari seorang generalis menjadi seorang ahli yang siap melakukannya sendiri di industri ini? Sebagai titik awal, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil kursus pengkodean atau desain web untuk mengembangkan pemahaman menyeluruh tentang bagaimana backend situs web berperilaku.

Dan untuk soft skill, SEO benar-benar sesuatu yang membutuhkan pikiran analitis. Anda akan mengumpulkan, mengukur, dan menyelidiki data secara terus-menerus, jadi penting untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana menyortir, mengatur, dan memvisualisasikan berbagai jenis data dalam penyelesaian masalah Anda. Anda juga harus secara alami mahir dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah di tingkat yang lebih tinggi untuk benar-benar unggul dalam bidang ini.

Konsep SEO yang harus diketahui

SEO adalah bidang teknis dengan bahasa sendiri dan praktik terbaik yang memengaruhi kunjungan situs web dan halaman Anda. Di bawah ini adalah beberapa konsep kunci yang perlu Anda kuasai untuk membangun reputasi Anda sebagai pakar SEO.

Authority/Wewenang

Konsep otoritas merujuk pada seberapa kuat dan populer situs Anda dibandingkan dengan orang lain dalam pencarian serupa. Karena perlombaan menuju “puncak” peringkat pencarian adalah yang tidak pernah berakhir, setiap orang berada dalam persaingan yang konstan.

Otoritas diukur baik melalui domain atau halaman situs web Anda. Sulit untuk menentukan dengan tepat dan benar tanpa bantuan teknis, penelitian katakunci memainkan peran penting dalam proses ini

Search Engine Spider / Crawler

Setiap mesin pencari memiliki set “bot” yang berbeda yang terus-menerus “merayapi” jaringan untuk menganalisis dan mengindeks situs web di seluruh dunia. Beberapa hal yang menjadi fokus mereka ketika mereka “memutuskan” pada peringkat situs web termasuk tag judul, tag kata kunci, tag heading, dan hyperlink. Mereka juga akan mencari faktor peringkat di halaman yang mengontekstualisasikan halaman web Anda (seperti tag alt) dan dengan jelas mendefinisikan apa itu.

Satu hal yang perlu diperhatikan tentang crawlers adalah bahwa aturan dapat bergeser secara teratur untuk mengadili orang yang mencoba menipu sistem dan sehingga situs web yang sah dengan konten berkualitas dihargai.

Latent Semantic Indexing (LSI)

LSI mengacu pada cara Google mencari dan mengindeks situs berdasarkan kata kunci dan bagaimana kata-kata tersebut sesuai dengan konteks pencarian atau kumpulan konten tertentu. Kemajuan AI memungkinkan mesin pencari untuk memahami konteks pencarian spesifik secara lebih rinci, jadi mungkin kata kunci Long Tail, misalnya, memiliki lebih banyak “makna” untuk mesin pencari di masa depan daripada di masa lalu.

Penelitian Kata Kunci

Menulis untuk nilai SEO tingkat tinggi sebenarnya semua tentang bagaimana menggunakan kata kunci. Saat Anda menulis blog, Anda dapat menggunakan fitur seperti Yoast untuk WordPress untuk membantu menemukan dasar-dasar bagaimana SEO berperan dalam konteks konten. Anda juga dapat menggunakan sesuatu yang sederhana seperti Perencana Kata Kunci Google atau bahkan pencarian prediksi dasar untuk mengetahui cara menggunakan kata kunci dan frasa.

Mencari tahu jenis, jumlah, dan penempatan kata kunci yang optimal, serta tempat penempatannya, adalah inti dari memastikan peringkat situs web Anda dengan baik. Belajar bagaimana meneliti apa yang terjadi di mana yang penting.

Analisis

Analisis on-site pada dasarnya mengacu pada segala sesuatu yang Anda kontrol di situs Anda sendiri, sedangkan di offsite mengacu pada data yang tidak dapat Anda kontrol, seperti tautan dari situs lain. Ini merupakan ide bagus untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana masing-masing tipe SEO ini berperan secara terpisah dan bersama sejak awal.

Analisis kompetitif akan terlihat seperti analisis SWOT (strengths, weakness, opportunities, and threats/kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) jika Anda terbiasa dengan istilah bisnis itu. Anda pada dasarnya dapat menilai tindakan pesaing Anda dan menggunakannya untuk keperluan Anda sendiri.

Link Building Pembuatan Tautan

Ini adalah salah satu bagian tersulit dari pekerjaan SEO tetapi pembuatan tautan yang efektif akan terus memberi Anda nilai dari waktu ke waktu. Tautan ini dapat datang secara alami dari orang-orang yang merasa konten Anda berharga dan ingin menautkannya kembali, yang lain akan datang dari upaya membangun tautan ‘penjangkauan’, ini lebih sulit karena Anda harus mendekati blogger dan situs lain yang memiliki otoritas domain tinggi dan membujuk mereka untuk menautkan kembali ke situs Anda. Ini pada dasarnya memberi sinyal ke Google dan mesin pencari lainnya bahwa situs web Anda valid dan dipandang sebagai otoritas di wilayah Anda.

Lakukan percobaan dengan situs web & blog Anda sendiri

Ada banyak platform yang tersedia di mana Anda dapat dengan mudah membangun situs web hanya untuk melatih keterampilan SEO Anda. WordPress adalah salah satu tempat termudah dan paling dapat diandalkan untuk melakukan ini, dan Anda dapat melakukannya secara gratis. Pertama, Anda perlu memutuskan siapa yang meng-hosting situs web Anda; maka Anda dapat berkonsentrasi untuk membangun dan mengoptimalkan situs Anda. Ini bukan hanya latihan yang luar biasa untuk diri sendiri tetapi juga merupakan bagian penting dari proses bagi Anda untuk menumbuhkan pengetahuan dan memasarkan diri.

SEO tools untuk membantu pelatihan Anda

Google memiliki banyak alat yang dapat diakses (seperti Perencana Kata Kunci Google) untuk membantu Anda menganalisis pola lalu lintas dan menentukan peringkat kata kunci.

SEM Rush dan MOZ adalah dua alat terbesar dan terbaik untuk membantu Anda meningkatkan SEO. Kedua situs ini sangat mudah diakses dan informatif bagi orang-orang dari semua tingkatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Wordtracker Keyword Suggestion Tool menyediakan seluruh jajaran spesifik data SEO yang kemungkinan besar tidak akan Anda temukan di tempat lain. Meskipun biayanya sedikit lebih mahal untuk paket premium, Anda dapat mencobanya secara gratis dan melihat apakah itu sesuatu yang ingin Anda investasikan.

WebConfs 15 Minute SEO Check memberi Anda daftar berbagai hal yang akan mengubah peringkat Anda di mesin pencari utama. Ini adalah alat ulasan yang bagus dan titik awal untuk hanya memperkenalkan Anda dengan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi peringkat Anda.

Tips pemasaran untuk spesialis SEO freelance

Setiap freelancer perlu mengambil sendiri pemasaran yang keras hari ini untuk mendapatkan perhatian. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan visibilitas online Anda, meningkatkan otoritas dan terhubung dengan orang lain di bidang Anda.

  • Membuat dan mengirimkan blog tamu ke publikasi yang mungkin dibaca oleh klien potensial atau mitra B2B Anda
  • Gunakan situs media sosial bersama-sama dengan blog untuk membangun otoritas
  • Grup jaringan seperti Meetup.com
  • Grup Facebook diarahkan untuk pemasar digital
  • Tautan balik ke situs forum seperti Quora dan Reddit

Cara menemukan pekerjaan sebagai freelancer SEO

Menjadi ahli SEO freelance membutuhkan sedikit grit, dan Anda bahkan mungkin ingin mencari pelatihan lokal atau mengambil kursus dasar, tetapi mempelajari cara membangun situs web sederhana yang mendapat peringkat bagus di Google tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Setelah Anda membuat situs web dasar dan telah membuat beberapa sampel, maka Anda perlu menemukan beberapa pekerjaan. Ada banyak grup dan situs web Facebook yang dikhususkan untuk pekerja lepas dewasa ini, dan ada banyak pekerjaan pemula yang tersedia di situs web seperti Upwork, juga – ini mungkin bukan tempat yang ideal untuk bekerja selamanya, tetapi ini adalah tempat yang tepat untuk membangun portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *