Categories
Blog

Cara Menulis Artikel SEO Hingga Mencapai Halaman 1 Google

Artikel SEO (Search Engine Optimization) secara mudahnya diartikan artikel yang yang berada di peringkat atas di hasil pencarian atau berada di halaman 1 Google. Banyak penulis yang bisa menulis artikel dengan lancar tetapi tidak tau cara menulis artikel SEO. Butuh waktu panjang untuk menghasilkan kualitas artikel SEO, sehingga banyak pemilik web yang memanfaatkan jasa penulis artikel. Tetapi bukan tidak mungkin diusahakan, berikut cara-cara yang perlu diketahui.

1. Pilih Keyword yang Tepat

Kata kunci atau keyword  yang tepat akan mendatangkan visitor yang banyak.  Cari keyword dengan menggunakan tools seperti Ubersuggest, Google Keyword Planner, Keyword Sheeter, KWFinder, Google Trends, dan sebagainya. Kalkukasi keyword tersebut berdasarkan jumlah persaingan dan pencarian dengan bantuan Microsoft Excel. Lakukan sortir dari jumlah terendah hingga tertinggi.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel

Membuat artikel SEO tidak bisa sesuka hati dalam penentuan judul. Judul artikel wajib menggunakan keyword yang dibidik. Bagaimanapun narasi judul artikel, keyword harus terdapat pada susunan kalimat judul artikel yang rapi dan natural.

3. Penempatan Keyword

Letak persebaran keyword harus diatur dengan baik untuk memudahkan mesin pencari. Pastikan keyword trsebar secara merata dalam konten, tidak mengumpul pada satu tempat . Tentunya membentuk kalimat yang enak dibaca.

4. Tentukan Jumlah Keyword

Jumlah keyword yang tersebar pada artikel 0,5% sampai 1%. Artinya apabila jumlah artikel 300 kata, maka jumlah keyword yang wajib muncul maksimal 3.

5. Tentukan Jumlah Kata

Untuk jumlah kata yang pas dalam suatu artikel SEO, ada beberapa pendapat. Ada yang mengatakan minimal 300 kata, 600-800 kata, dan 2000 kata. Bisa dipilih berdasarkan kebutuhan artikel.

6. Pengaturan Heading Subheading

Heading dan Subheading sangat memudahkan pembaca dalam memahami tulisan. Selain itu, juga mempengaruhi Google dalam proses menemukan halaman website hingga menampilkan urutan pada halaman pencarian.  

7. Artikel yang Berkualitas

Percuma jika semua cara membuat artikel SEO sudah dilakukan, akan tetapi kualitas artikelnya sendiri buruk. Artikel berkualitas harus didukung dengan berbagai teknik SEO supaya bisa maksimal dan berada di halaman 1 Google.

Untuk lebih maksimal, bisa dibantu dengan membagikan artikel ke media sosial. Tentunya butuh latihan yang tidak sebentar untuk membiasakan diri dengan cara menulis artikel SEO seperti di atas. Informasi tambahan untuk optimasi SEO juga wajib dipelajari agar menghasilkan artikel yang berkualitas dan mencapai halaman 1 Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *