Categories
Arsitektur

Kelebihan Lantai Vinyl Sebagai Pelapis Lantai Untuk Bangunan Modern

Banyak sekali kelebihan lantai vinyl sebagai pelapis lantai modern. Namun sama halnya dengan pelapis lantai pada umumnya, lantai vinyl juga memiliki berbagai kelemahan atau kekurangan. Material lantai vinyl dibuat dari bahan PVC atau Poly Vinyl Chloride dengan karakteristik teksturnya yang lebih lembut dan elastis dibanding material lantai lainnya.

baca juga : lantai vinyl bandung

Bagi Anda yang tertarik untuk melapisis lantai rumahnya dengan lantai vinyl, lantai vinyl tersedia dalam berberapa jenis, seperti lantai vinyl berbentuk lembaran, vinyl roll, dan vinyl title. Nah, sebelum Anda memilihnya, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan lantai vinyl.

  1.  Memiliki Tekstur Halus

Permukaan lantai vinyl jauh lebih halus. Hal ini dikarenakan adanya bahan pelapis kain atau busa yang berada di bawah lantai sehingga lantai menjadi empuk dan nyaman saat diinjak.

  • Warnanya Beragam

Seperti halnya material pelapis lantai pada umumnya, lantai vinyl juga tersedia dalam bebagai macam warna. Dengan demikian Anda bisa dengan mudah menyesuaikannya dengan warna cat ruangan.

  • Lebih Awet

Kenapa dikatakan lebih awet, pasalnya lantai vinyl ini kuat digunakan hingga 20 sampai dengan 25 tahun.

  • Tahan Terhadap Berbagai Kondisi

Dibanding dengan pelapis lantai pada umumnya, lantai vinyl diklaim lebih tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Oleh sebab itu kelebihan menggunakan lantai vinyl adalah bisa dipasang baik di dalam maupun di luar rumah.

  • Pemasangannya Mudah

Saking mudahnya, lantai vinyl ini bisa ditempelkan pada lantai keramik yang sudah lebih dulu terpasang.

  • Perawatannya Simpel

Lantai vinyl tidak akan menyerap air dan juga tahan terhadap kotoran. Oleh sebab itu dari segi perawatannya pun sangat mudah. Anda tinggal menyapu dan mengepelnya secara rutin.

baca juga: kusen aluminium bandung

Kekurangan Lantai Vinyl

Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh lantai vinyl diantaranya seperti:

  • Berbahan Dasar PVC

Material PVC bisa melepaskan VOC ke udara. Akibatnya kualitas udara di dalam rumah menjadi menurun dan tercemar.

  • Area Di Bawah Lantai Vinyl Harus Kering

Sebelum pemasangan lantai vinyl, kondisi di bawahnya harus dipastikan kering. Jika tidak lantai vinyl tidak akan menempel dengan kuat sehingga mudah sekali lepas.

  • Rentan Terhadap Benda Tajam

Dikeranakan teksturnya sangat lembut, lantai vinyl cukup rentan terhadap benda-benda tajam. Dan jika sudah rusak lantai vinyl tidak bisa diperbaiki lagi. Solusinya Anda harus mengganti yang baru.

Meskipun cukup banyak kekurangan dari lantai vinyl, ternyata tidak mampu mempengaruhi kepopulerannya di era sekarang. Apalagi selain harga lantai vinyl yang murah, banyak sekali kelebihan lantai vinyl yang tidak dimiliki pelapis lantai jenis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *