Categories
Blog

Hal-hal yang dapat merusak peringkat SEO Anda dan cara memperbaikinya

Ada banyak teknik yang dapat merusak peringkat SEO Anda jika diterapkan. Berikut adalah lebih banyak hal yang dapat merusak peringkat Anda dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

1. Aksesibilitas dan indeksasi

Aksesibilitas dan indeksasi situs Anda berkontribusi besar terhadap bagaimana halaman situs web Anda dapat dilihat di mesin pencari. Beberapa kategori yang perlu dipertimbangkan termasuk:

Canonical Tag: duplikat konten menyulitkan mesin pencari untuk memutuskan halaman yang akan ditampilkan kepada pengguna, yang dapat memengaruhi visibilitas masing-masing halaman. Jika Anda akan menerapkan tag rel = canonical, pastikan itu dilakukan dengan benar, untuk menghindari kehilangan peringkat situs web Anda. Situasi, di mana Anda dapat menerapkan salah, dapat mencakup:

  • Salah memasang kode, dengan memasukkannya ke dalam <body>, bukan pada bagian <head>
  • Menerapkan rel = kanonik ke halaman 404
  • Meluncurkan tanpa memeriksa kode, yang memicu mesin telusur untuk tidak mengindeks.

Tag Noindex: jika Anda tidak lagi membutuhkan tag noindex pada halaman web, pastikan Anda menghapusnya sesegera mungkin. Dengan tag masih ada, mesin pencari tidak akan mengindeks halaman web, yang dapat membuat Anda bertanya-tanya mengapa SEO Anda tidak membaik. Lacak selalu halaman Anda untuk mengetahui kapan tag tidak lagi relevan.

Robots.txt: selalu periksa halaman yang disembunyikan di robots.txt dan keluarkan jika perlu, untuk membantu meningkatkan peringkat SEO Anda. Jika Anda memiliki pengalihan di halaman web tersembunyi di file robots.txt Anda, crawler kemungkinan tidak akan mengenalinya.

Tautan nofollow: tautan nofollow tidak memiliki nilai SEO tetapi Anda dapat dihukum oleh mesin pencari karena tidak menggunakannya dengan benar. Banyak situs web dengan mudah menjadi korban dari ini, karena mereka sering memiliki tautan yang ditampilkan di halaman web mereka yang tidak terkait dengan konten halaman. Ini akhirnya menjatuhkan peringkat SEO mereka.

search engine optimization

2. Tautan dan pengalihan buruk

Meskipun tautan sangat bagus untuk membantu mengarahkan traffic dan meningkatkan peringkat SEO Anda, mereka juga dapat merusak upaya SEO Anda jika tidak dikelola dengan baik.

Tautan rusak

Tautan yang rusak pada halaman web Anda harus diperbaiki atau dihapus sesegera mungkin. Alasan untuk tautan rusak dapat berasal dari memasukkan URL yang salah, menghapus atau memindahkan halaman web tertaut secara permanen oleh situs web tujuan, atau perangkat lunak di ujung pengguna yang memblokir akses ke situs web tujuan.

Cara menolak backlink negatif

Google memiliki Alat Penafian yang dapat membantu melindungi situs Anda dari hukuman yang mungkin timbul dari penautan yang buruk dan juga membantu menghapus tautan yang buruk. Alat ini hanya mengirim sinyal ke Google untuk mengabaikan backlink negatif. Untuk menolak backlink negatif, cari tautan yang ingin Anda tolak, buat file tolak dan kemudian unggah ke Google Disavow Tool. Setelah ini selesai, tautan yang ditentukan tidak akan lagi dipertimbangkan oleh Google

3. Tidak memaksimalkan Konsol Pencarian Google

Google Search Console dikemas dengan banyak manfaat yang harus dimaksimalkan untuk memiliki pengalaman SEO terbaik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan di Google Search Console termasuk analitik pencarian, tautan ke situs Anda, kegunaan seluler, tester robots.txt, peta situs, status indeks, dan masalah keamanan. Setelah masalah yang diidentifikasi diperbaiki, peringkat Anda akan ditingkatkan dan situs web Anda akan mendapatkan lebih banyak daya tarik.

4. Tag meta

Meta tag penting untuk SEO dan biasanya salah satu hal pertama yang dipelajari dalam pelatihan SEO. Tag meta kunci Anda, termasuk atribut kata kunci, tag judul, atribut deskripsi meta, dan atribut meta robots harus dianggap serius, karena membantu mesin pencari memahami apa itu halaman.

Jangan gunakan judul dan deskripsi yang terlalu panjang atau terlalu pendek. Jumlah kata optimal untuk judul Anda yang diperlukan untuk praktik SEO terbaik adalah 10-15 kata, yaitu sekitar 78 karakter, mengikuti pedoman meta title Google saat ini.

Deskripsi Anda harus antara 110 dan 120 karakter, untuk optimasi mudah untuk seluler dan desktop. Meskipun Anda memastikan judul dan deskripsi Anda tidak terlalu panjang, Anda juga harus berhati-hati untuk tidak membuatnya terlalu pendek. Tag meta Anda harus memberikan informasi yang cukup tentang halaman untuk membantu mesin pencari memahami konten.

Google mendorong pembuatan deskripsi meta yang baik; memastikan ada deskripsi untuk setiap halaman di situs Anda dan mereka harus berbeda untuk setiap halaman. Konten duplikat dapat mengacaukan peringkat Anda. Anda juga harus memasukkan fakta yang ditandai dengan jelas dalam deskripsi dan menggunakan deskripsi berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *