Categories
Kuliner

Menjajal Usaha Catering Pernikahan

Seperti halnya pesan nasi tumpeng, membuka usaha catering juga dinilai dari rasa sebuah masakan. Meniti usaha katering pernikahan adalah salah satunya usaha yang dapat disebut belum pernah mati. Makin hari makin beberapa orang yang memakainya untuk penuhi beberapa keperluan sajian acara pernikahan. Memang, usaha katering pernikahan termasuk juga usaha cukup menjanjikan, ini dapat disaksikan dengan makin bertambahnya orang yang melirik usaha ini.

Buat mereka yang mempunyai hobi memasak serta tertarik dengan dunia kuliner, katering pernikahan dapat jadi usaha rumahan yang mempunyai potensi memperoleh keuntungan yang besar, serta usaha ini berpotensi ekspansi serta perkembangan yang tinggi hingga dapat jadi usaha yang besar.

Meniti usaha katering pernikahan dapat diawali pada usaha kecil-kecilan, atau langsung membuat usaha dalam rasio besar. Sedang modal usaha yang diperlukan juga bergantung dari rasio usaha katering yang akan dirintis. Makin besar usaha yang akan digerakkan maka semakin memerlukan modal yang banyak.

Terdapat beberapa langkah serta langkah yang dapat dilaksanakan untuk meniti serta meningkatkan usaha katering pernikahan. Contoh-contoh serta beberapa langkah yang dapat dilaksanakan salah satunya ialah :

  • Tentukan produk serta service katering sesuai dengan sasaran pasar
    Untuk salah satunya usaha yang lumayan banyak pangsa pasarnya, dalam meniti usaha katering perlu dipikir mengenai sasaran pasar yang akan dibidik. Dari sasaran pasar yang sudah dipastikan berikut nanti yang dapat jadi referensi untuk bikin tipe produk serta service usaha katering.

Terdapat beberapa fragmen pasar yang dapat jadikan untuk sasaran customer usaha katering. Fragmen ini dapat digolongkan berdasarkan beberapa alasan, contohnya berdasar kelas ekonomi, berdasar daerah geografis, berdasarkan pola hidup customer dan sebagainya. (Simak juga : Taktik Tentukan Sasaran Pasar Dengan cara Pas)

Membuat produk dengan kualitas paling baik yang sesuai fragmen pasar tujuan adalah kunci keberhasilan dalam jalankan usaha katering.

Standard kualitas menu makanan memang seharusnya jadi perhatian dengan cara jeli. Standard kualitas ini dapat berbentuk cita rasa masakan, kualitas kebersihan, kualitas langkah penyajian, kualitas kesehatan, dan lain-lain. Bila kualitas makanan terjamin, pasti banyak customer yang akan kembali hadir untuk pesan layanan usaha katering Anda.

Kreatifitas adalah salah satunya hal yang tidak kalah penting untuk bikin produk serta service usaha katering. Dengan kreatifitas ini karena itu produk makanan serta service yang dilaksanakan dapat diubah demikian rupa supaya dapat dibedakan dengan punya kompetitor. Dengan kreatifitas berikut citra positif produk serta service katering bisa dibuat.

  • Memutuskan harga yang bersaing
    Penentuan harga produk serta service usaha katering pernikahan memang semakin lebih gampang bila pasar tujuan sudah diputuskan serta tipe produk serta service telah ditetapkan.

Macam makanan serta harga untuk fragmen pasar kelas menengah atas pasti harus dibedakan dengan fragmen pasar menengah kebawah, begitupun dengan tipe servicenya. Ini dilaksanakan supaya dalam jalankan usaha tidak alami kerugian serta dapat mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan. (simak juga : Taktik Penentuan Harga Produk Dalam Pemasaran)

Untuk memudahkan dalam tentukan harga, semakin lebih baik bila dari tiap tipe makanan serta service dibikin kumpulan harga dengan cara detil, dapat juga dibikin beberapa paket harga. Daftar serta paket harga ini bermanfaat untuk mempermudah beberapa customer yang akan pilih beberapa produk serta service usaha katering ini. (Simak juga : Beberapa Arah Penentuan Harga Produk)

  1. Pilih tempat usaha katering dengan cara pas
    Jalankan usaha katering sebetulnya dapat dilaksanakan dimanapun. Tetapi untuk memperoleh hasil yang optimal, usaha ini semakin lebih baik bila digerakkan di daerah yang padat masyarakat seperti di kota, dan mempunyai keringanan akses untuk ke arah tempat usaha.

Tempat usaha katering dapat dilaksanakan dengan sewa tempat, beli tempat spesial, atau manfaatkan rumah sendiri untuk sebagai kantor atau tempat memasak. Beberapa entrepreneur katering serta ada juga yang sewa dapur rumah makan atau restoran untuk layani pesanan katering.

Memperoleh tempat strategis dapat jadi salah satunya langkah untuk memudahkan akses beberapa customer pada usaha katering. Tetapi untuk semakin dapat memberikan keringanan akses, upayakan untuk memberikan alamat serta kontak yang pasti pada tiap media promo. Jangan malas untuk manfaatkan internet untuk fasilitas untuk memudahkan akses komunikasi dengan customer.

Tidak hanya keringanan akses, tempat usaha katering upayakan mempunyai nuansa yang rapi dan bersih. Kebersihan serta kerapian tidak hanya bisa membuat lancar dalam kerja ini dapat juga tingkatkan citra usaha katering.

  • Lakukan promo untuk memperkenalkan produk serta layanan
    Lakukan promo adalah hal penting dilaksanakan untuk memperkenalkan serta mempopulerkan usaha katering ini pada publik yang luas. Promo ini dapat dilaksanakan dari mulai beberapa hal kecil seperti menginformasikan pada saudara, tetangga, rekan kerja, atau orang lain yang belum mengenal lewat kartu nama. (Baca : Kartu Nama, Fasilitas Promo Murah Dalam Usaha)

Mempromokan usaha katering tidak hanya dapat dilaksanakan dengan cara bertatap muka langsung (off line), dapat juga dilaksanakan dengan cara online. Beberapa media online yang dapat digunakan untuk mempromokan usaha katering contohnya lewat media sosial Facebook, Twitter, dan sebagainya, dapat dengan membuat web, dapat ikuti fotum-forum online seperti kaskus, serta ada banyak .

Tawarkan harga promo dapat juga jadikan untuk usaha untuk lakukan promo usaha katering. Harga promosi ini pasti harus disosialisasikan lewat beberapa media supaya warga bisa tahu info itu. Publikasi dapat dengan lewat sosial media di internet, dengan menebar brosur, atau lewat pengumuman-pengumuman di perkumpulan ibu-ibu, dan lain-lain.

Lakukan promo memang terdapat beberapa langkah, tidak hanya dengan beberapa cara simpel di atas, Anda dapat juga merujuk pada taktik promo yang ada pada bauran promo (Promotion mix). Bauran promo ini terbagi dalam beberapa piranti komunikasi untuk lakukan promo, contohnya advertensi, penjualan langsung, jalinan massa, penjualan perorangan, serta yang lain. (Simak juga : Bauran Promo (Promotion Mix) Dalam Pemasaran)

  • Mempersiapkan tenaga kerja yang trampil serta profesional
    Memperdalam usaha katering memang tidak pernah lepas dari tenaga kerja yang siap layani beberapa menu masakan dalam kemampuan banyak, oleh karenanya diperlukan beberapa orang yang trampil, profesional, serta kompeten dibidangnya.

Agar jalankan usaha dengan sukses, salah satunya ketentuan yang diperlukan ialah spirit yang tinggi dalam kerja. Begitupun dalam jalankan usaha katering, diperlukan tenaga-tenaga yang mempunyai kesayangan pada kuliner hingga dapat membuahkan serta menyediakan sajian yang lezat.

Tidak cuma ketrampilan memasak, untuk memajukan usaha katering diperlukan tenaga-tenaga andal dalam bagian pemasaran serta manajerial usaha. Tenaga kerja yang “tahan banting” benar-benar diperlukan dalam usaha ini, sebab waktu layani pesanan dalam partai besar benar-benar memerlukan stamina tambahan, potensi kerja di bawah desakan, serta ketrampilan interpersonal yang benar-benar baik.

Untuk sisi produksi, upayakan dapat memperoleh tenaga kerja yang betul-betul kompeten. Beberapa potensi yang perlu mereka kuasai contohnya ; pintar pilih bahan makanan yang baik, potensi membuat beberapa macam masakan, pintar mengurus beberapa bahan makanan serta pemakaiannya dengan cara efisien serta efektif, dapat membina jalinan baik dengan siapapun, dan trampil dalam menyediakan serta simpan hasil masakan.

  • Sediakan perlengkapan katering sesuai keperluan
    Salah satunya modal paling besar dalam membangun usaha katering untuk ongkos pembelanjaan perlengkapan. Baik perlengkapan memasak, perlengkapan untuk menyediakan menu makanan, atau perlengkapan makan seperti piring, garpu, cendok, gelas dan lain-lain.

Untuk mengakali besarnya budget yang dipakai untuk pembelanjaan alat memasak, banyak entrepreneur katering baru yang memakai peralatan dapur dari rumah mereka sendiri ditambah dari utang perlengkapan dari saudara. Disamping itu juga bisa dengan sewa beberapa perlengkapan serta peralatan katering dari entrepreneur lain, atau juga bisa sewa dari kelompok masyarakat kampung, contohnya PKK yang mempunyai perlengkapan dapur untuk kepentingan hajatan.

Pinjam atau sewa perlengkapan katering pasti tidak dilaksanakan selama-lamanya. Bila keadaan keuangan hasil dari usaha katering telah konstan, sebaiknya lakukan investasi perlengkapan dengan berbelanja beberapa keperluan peralatan katering. Berbelanja ini dapat dilaksanakan dengan beli barang-barang inti dulu, pelan-pelan perlengkapan dapat diperlengkapi.

Pada dasarnya, perlengkapan yang diperlukan untuk usaha katering ini terdiri jadi lima, yakni :

  • Alat memasak, diperlukan untuk mengolah beberapa bahan mentah jadi beberapa menu masakan yang bisa disajikan. Beberapa alat ini contohnya kompor, wajan, panci, kwali, oven, alat pemanggang, dan sebagainya.
  • Alat penyaji makanan, adalah perlengkapan yang dipakai untuk menyediakan beberapa minuman dan makanan, contohnya teko, rack minuman, nampan, tempat tisu, dan sebagainya
  • Alat makan, dipakai untuk nikmati sajian yang sudah diberikan, perlengkapan ini contohnya gelas, piring, garpu, sendok, dan sebagainya.
  • Alat simpan makanan, bermanfaat untuk simpan beberapa peralatan masak, minuman dan makanan. Perlengkapan penyimpanan ini contohnya rack piring, rack gelas, toples untuk bumbu, keranjang buah, lemari, dispenser, dan sebagainya.
  • Alat transportasi, untuk mengangkat beberapa keperluan usaha katering.
  • Makin komplet perlengkapan yang dipunyai untuk jalankan usaha katering ini sebetulnya makin bagus, tetapi semakin lebih baik bila perlengkapan yang dipunyai sudah sesuai dengan keperluan.
  • Manajerial usaha yang bagus
    Jalankan usaha katering agar berjalan dengan sukses serta lancar memang memerlukan manajerial yang bagus. Baik itu manajemen keuangan, manajemen organisasi, manajemen produksi, serta manajemen-manajemen yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *