Categories
Otomotif

Walaupun Motor Tua Motor Suzuki A100 Enggak Kalah Sama Motor Motor Lainnya loh

kennedygreenhouse.com – Motor suzuki A100 ini motor keluaran pertama yang dibuat diindonesia,dengan menggunaka mesin 2 tak 98 cc, suzuki A100 ini menjadi lawan seeius honda S90Z dan yamaha L2.

Dalam catatan sejarah, motor jantan dari Suzuki pertama kali masuk dalam bursa otomotif Indonesia pada tahun 1973. Pada waktu itu motor tersebut diberi nama Suzuki A100.

Buat kamu yang pengen meminang motor ini, silahkan beli di otomoto.id

Meski pun dengan bentuk yang serba bulat, motor “klasik” ternyata ini sempat menjadi primadona pada masanya.Motor ini terbilang ringan, karena berat kosongnya hanya 83 Kg saja. Meski demikian, motor ini didukung oleh mesin dua langkah berkapasitas 98cc yang menghasilkan daya puncak sebesar 9,3 hp pada 7500 rpm loh.

Dan mempunyai  ciri khas suzuki A100 yaitu oada bagian speedometer dan batok lampunya yang masih menyatu ya, dan dengan dibagian tangki masih ada panel krom dan tankpadnya, dan ternyata ini edisi terakhir di A100 yang menggunakan begitu.

Kecepatan maksimum yang mampu ditempuh motor ini dikabarkan bisa mencapai 100 Km per jam.Walaupun motor ini menggunakan mesin dua langkah yang membutuhkan asupan bahan bakar, bensin dan oli samping.

Tetapi motor ini sudah memiliki rotary valve dengan sistem pompa oli otomatis yang disebut dengan CCI. Sistem rotary valve adalah sistem dimana buka tutup saluran gas baru yang diatur oleh sebuah katup berputar. Katup rotary digerakkan oleh poros engkol.

Dan Sepeda motor ini diproduksi oleh Suzuki Motor Co. Ltd di Hamamatsu Jepang dan di import oleh PT. Indohero Steel & Engineering Co ya, Selain diproduksi di Jepang, motor ini juga diproduksi di India dengan nama yang sama (A100) dan di Tiongkok dengan beragam nama.

Sebenarnya motor ini sudah lebih dulu dipasarkan di Jepang pada tahun 1966, namun baru masuk ke Indonesia pada tahun 1973.

Motor ini dihentikan penjualannya pada tahun 1999 dengan harga Rp 8.260.000 dan dengan nama Suzuki A100 Econos XT Nah semogga penjelasan diatas dapat dimengerti iya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *