Categories
Cleaning Service

Ini Dia Cara Cuci AC Sendiri di Rumah yang Benar

AC atau Air Conditioner merupakan salah satu pendingin ruangan yang banyak dibutuhkan orang. Pendingin ruangan ini kadang dipasang di dalam rumah. Namun ada yang memasang di bagian dalam mobil. AC atau pendingin ruangan juga bisa rusak jika sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Terlebih lagi jika tidak dibersihkan secara rutin. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui cara cuci AC sendiri.

baca juga cuci ac pekanbaru

Terkadang banyak orang yang menggunakan jasa service untuk membersihkan AC. Namun nyatanya AC yang ada di rumah bisa dibersihkan sendiri. Hal ini akan jauh lebih efektif karena bisa dibersihkan sendiri tanpa menggunakan jasa AC.

Cara Cuci AC Sendiri di Rumah

Membersihkan AC tentunya harus dilakukan secara rutin. Jika AC tetap bersih, maka rawan terjadi rusak. Kemudian performa AC juga lebih baik.

Namun kebanyakan orang terkadang tidak berani untuk membersihkan AC. Alasannya adalah karena takut rusak.

Padahal mencuci AC bisa dilakukan dengan mudah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci AC sendiri di rumah. Berikut cara membersihkan AC sendiri.

1. Membersihkan Bagian Filter AC Hingga Bersih

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan bagian luar AC menggunakan kemoceng. Cara ini merupakan langkah awal dalam membersihkan AC. Selanjutnya adalah membersihkan bagian filter.

Filter AC merupakan bagian yang paling kotor dan digunakan sebagai sarang debu. Salah satu cara untuk membersihkannya adalah hilangkan semua debu yang menempel terlebih dahulu. Kemudian cuci bagian filter menggunakan air bersih dan sabun cuci piring. Pastikan anda membersihkannya dengan benar agar tidak bekerja dua kali.

2. Membersihkan Bagian Kipas dan Kumparan

Cara membersihkan AC sendiri yang kedua adalah membersihkan bagian kipas dan kumparan. Diperlukan ketelitian dalam membersihkan bagian ini. Sebab, bagian kumparan terpasang permanen pada AC. Alat yang digunakan bisa berupa cairan semprot yang khusus digunakan untuk membersihkan AC.

baca juga jasa bersih rumah pekanbaru

3. Membersihkan Bagian Unit Outdoor

Setelah selesai, maka cara selanjutnya adalah membersihkan bagian unit outdoor. Cara yang bisa dilakukan adalah mencopot sambungan kabel terlebih dahulu. Kemudian semprotkan air agar debu bisa rontok. Lalu biarkan kering.

Beberapa cara cuci AC sendiri diatas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin membersihkan AC. Cara membersihkan AC sendiri memang perlu dipelajari agar tidak terlalu mengandalkan jasa pembersihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *