Inilah Kebiasaan yang Bisa Menjadi Penyebab Pusing

Pusing merupakan salah satu kondisi yang paling umum terjadi pada manusia. Penyebab pusing pun ada beraneka ragam. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan pasiennya mengalami sakit kepala hingga merasa area disekitarannya menjadi berputar-putar. Kondisi seperti ini memang tidak berbahaya. Tetapi juga tetap harus anda waspadai.

Hal ini tidak lain karena pusing bisa menjadi tanda apabila anda memiliki penyakit tertentu. Terlebih lagi apabila pusing yang anda derita tersebut berkepanjangan. Seperti yang sudah diulas diatas apabila penyebab pusing ini pun ada beraneka ragam. Tetapi tahukan anda apabila ternyata terdapat beberapa kebiasaan yang menyebabkan pusing pada diri anda.

Kebiasaan penyebab pusing yang jarang disadari

Berikut ini deretan penyebab pusing yang jarang disadari oleh seseorang dan mungkin anda juga melakukan beberapa kebiasaan penyebab pusing dibawah ini.

Stress berkepanjangan

Stress berkepanjangan ternyata bisa menjadi salah satu penyebab pusing yang paling umum terjadi. Terlebih lagi apabila anda mengalami masalah pribadi yang anda pikirkan terus menerus. Entah itu permasalahan di rumah ataupun di kantor. Jika anda terus memikirkan hal ini maka akan membuat anda stress.

Dan stress sendiri bisa mengakibatkan napas anda semakin diangkat dan cepat-cepat. sehingga akan semakin sedikit oksigen yang akan anda terima dari otak. Inilah yang membuat semakin banyak area pembuluh darah yang menjadi sempit. Inilah yang mengakibatkan sakit kepala yang anda derita tiba-tiba kambuh.

Terlalu lama menatap layar gadget

Bermain gadget di sepanjang hari memang menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Tetapi terlalu lama menatap layar gadget tersebut bisa membuat mata anda mengalami tekanan. Adanya variasi cahaya maupun kecerahan akan mengakibatkan retina dan saraf di belakang mata menjadi lebih aktif. Inilah yang menyebabkan pusing pada kepala.

Terlalu lama terpapar cahaya matahari

Terlalu lama terpapar cahaya matahari ternyata juga bisa menjadi penyebab pusing yang berikutnya. Bahkan melihat pantulan cahaya matahari saja bisa mengakibatkan kepala anda menjadi pusing. Pantulan cahaya yang langsung masuk ke dalam mata ini pun bisa merangsang kerja thalamus .

Berolahraga tanpa pemanasan

Seseorang yang hidup di era modern ini memang cenderung lebih tergesa-gesa ketika melakukan olahraga. Nah, bagi anda yang sering melakukan olahraga tanpa pemanasan terlebih dahulu maka risiko untuk terkena kepala pusing ternyata semakin tinggi. Bukan hanya itu saja, melakukan olahraga tanpa pemanasan juga tidak akan melindungi otot tubuh anda.

Menggunakan tas terlalu berat

Penggunaan tas dengan isi yang terlalu berat bahkan melebihi 4 kg ternyata juga bisa memicu terjadi ketegangan pada leher sehingga bisa mengakibatkan sakit kepala. Untuk itulah agar sakit kepala anda menjadi redam, anda bisa segera mengurangi beban tersebut.

Demikian beberapa penyebab pusing yang berasal dari kebiasaan yang jarang anda sadari. Untuk anda yang ingin terhindar dari pusing ini maka anda bisa melakukan beberapa hal seperti melakukan relaksasi hingga melakukan pijatan ringan pada kepala.

Leave a Reply