Mengenal Lebih Dalam Tentang Jenis Movement Pada Jam Tangan

Movement atau gerakan ini dikenal sebagai inti dari setiap jam, gerakan tersebut mengacu pada mekanisme yang menggerakkan jarum jam pada wajah jam dan juga bagian lain seperti kalender, kronograf, atau zona waktu yang ada.

Pada umumnyam  setiap pembeli jam tangan hanya melihatnya didasarkan pada bagian luarnya saja, akan tetapi, seseorang yang memiliki perhatian terhadap detail akan lebih menghargai mekanisme di bagian dalam jam tangan tersebut.

Tahukah Anda jika seorang pembuat jam menghabiskan sebagian besar waktunya dengan cermat untuk merancang interior jam tangan tersebut. Ini karena, para pembuat jam tersebut  sadar bahwa mekanisme yang dibuat dengan cermat menentukan sebuah mahakarya dan membedakannya dari jam tangan yang lain.

Terdapat tiga jenis movement pada jam tangan, yaitu Quartz, Mekanik, dan Otomatis. Saat ini, banyak produsen jam tangan yang menerapkan beberapa movement tersebut, seperti jam tangan Casio, Rolex, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih dalam tentang tiga hal tersebut, berikut adalah ulasannya.

1. Quartz

Jam tangan quartz atau kuarsa adalah jam dengan tenaga baterai untuk menjalankan arus listrik melalui kristal kuarsa yang menyebabkan kristal tersebut bergetar pada frekuensi konstan yang hampir sempurna. Tingkat getaran yang konsisten ini memungkinkan jam tangan untuk menunjukkan waktu yang sangat tepat.

Beberapa kelebihan jam tangan quartz atau kuarsa

  • Apabila terjadi kerusakan, jam tangan kuarsa memiliki lebih sedikit bagian bergerak yang mungkin perlu diperbaiki, hal ini menjadikan jam tersebut lebih tahan lama.
  • Dengan sedikitnya jumlah komponen yang bergerak dan keberadaan baterai memastikan jam tangan kuarsa tingkat perawatan yang lebih mudah.
  • Mekanisme jam tangan kuarsa nyaris tidak pernah terlambat jauh darii waktu yang ada sehingga memastikan keakuratan waktu yang tinggi.

2. Jam tangan mekanik

Jam tangan tipe ini memanfaatkan pergerakan penggunanya (pergerakan tangan) di mana pegas utama akan secara otomatis bekerja untuk memberikan energi yang berfungsi untuk menggerakkan jam tangan tangan tersebut.

Beberapa kelebihan jam tangan mekanik

  • Pada umumnya, sebagian besar jam tangan mekanik memiliki selubung safir yang jernih di bagian dalam jam sehingga memberikan tampilan yang jelas pada pergerakan komponen yang bekerja pada jam tersebut dan membuatnya terlihat lebih elegan.
  • Dikarenakan jam ini hanya menggunakan pergerakan tangan untuk sumber energinya sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang penggantian baterai.
  • Sebuah jam tangan mekanik yang dibuat dengan baik akan bertahan seumur hidup dengan perawatan yang tepat.

3. Jam tangan otomatis

Mekanisme internal jam tangan otomatis hampir mirip dengan mekanik. Hanya saja berat logam yang disebut rotor ditambahkan ke bagian manual. Rotor tersebut dapat berputar secara bebas dan terhubung pada gerakan yang ada. Rotor berputar dengan setiap gerakan pergelangan tangan dan mentransfer energi ke pegas utama. Kemudian pegas utama tersebut akan secara otomatis mentransfer energi ini.

Kelebiham jam tangan otomatis

  • Anda tidak perlu memutar jam tangan Anda setiap hari untuk menyetel waktu.
  • Ketika jam tangan otomatis digunakan secara teratur, maka jam tangan ini akan terus berfungsi.