NISSAN TERRA LEMAH MENGHADAPI TOYOTA FORTUNER DAN MITSUBISHI PAJERO

Berangkat ke arah yang sama sekali baru, dengan tempat duduk tiga baris dan ruang hingga tujuh orang, seluruh keluarga dapat ikut serta dalam aksi. Desain yang teruji dan terbukti, kekuatan yang mengesankan, dan kemampuan off-road legendaris berarti Anda selalu dapat mengandalkan Terra untuk membawa Anda ke mana saja. Di dalam, kenyamanan premium memenuhi teknologi canggih. Berbagai fitur Nissan Intelligent Mobility memastikan perjalanan yang tak terlupakan, baik menavigasi kota atau melintasi medan terberat.

New Nissan Terra dapat diajak untuk menjelajahi beragam medan, baik melewati jalan kota yang padat dan juga medan off road. Terra telah dibekali dengan Hill Descent Control (kendali turun bukit) dan Hill Start Control (kendali mendaki bukit) yang akan membantu pengendara menghadapi medan dengan mudah.

Namun, Nissan Terra nampaknya belum mampu menandingi para pesaingnya di segmen mobil SUV Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Buktinya, angka penjualan mobil yang dirilis di GIIAS 2018 ini terus di bawah kedua rivalnya itu. penjualan Nissan Terra secara wholesale pada Desember 2018 lalu hanya mencapai kurang lebih 230 unit. Angka tersebut menunjukan penurunan sebesar 50% dari November yang mencapai 563 unit.

Hal berbeda justru dirasakan oleh rivalnya, Mitsubishi Pajero Sport yang justru mengalami peningkatan dari 1.322 unit pada November 2018. Angka distribusi mobil ini yaitu mencapai 1.549 unit per Desember sekaligus mengukuhkannya sebagai mobil SUV terlaris di Indonesia. Nasib ini sama dengan Mitsubishi Pajero Sport, Dan peningkatan juga dialami oleh Toyota Fortuner. Berdasarkan sumber yang sama, angka distribusinya pada Desember 2018 kemarin mencapai 1.523 unit, naik dari 1.471 unit pada November.

Wajar saja bila Nissan Terra saat ini hanya ditawarkan dalam 4 varian. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport sendiri memiliki 6 varian dan Toyota Fortuner 8 varian. Selain itu, Nissan Terra juga terbilang SUV pendatang baru yang belum sepenuhnya mengambil hati pasar mobil SUV Indonesia. Sekadar informasi saja bahwa berdasarkan situs resmi Nissan Indonesia, saat ini Harga Nissan Terra sendiri adalah Rp. 464 Juta untuk varian terendahnya dan yang tertinggi mencapai Rp661 juta (OTR Jabodetabek).

Nissan telah resmi meluncurkan SUV barunya yakni Nissan Terra terbaru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Tahun 2018 beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan ini, Liputan6.com tak ingin ketinggalan untuk menjajal sekaligus mengetahui fitur-fitur yang disematkan di mobil yang dibanderol kisaran dari Rp 460 juta- Rp 600 jutaan ini.

Apa saja kelebihan dan kekurangannya?
Dari posisi duduk untuk pengendara, memang mobil yang diklaim cocok untuk dibawa di medan offroad ini sangatlah nyaman. Untuk postur tubuh yang tingginya 160 cm, head room SUV ini masih tersisa banyak sehingga membuat lega.

Pada bagian MID (Multi Information Display) terdapat indikator yang menghadirkan fitur untuk mengetahui tekanan angin pada ban kendaraan.

Nissan Terra yang dibekali mesin diesel 2.488cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 187 Tk dan torsi 450 Nm. 

Untuk dimensinya sendiri memiliki panjang 4.895 mm, lebar 1.865 mm dan tinggi 1.835 mm, serta jarak sumbu roda 2.850 mm. Dimensi yang lebih besar dari para pesaingnya ini justru membuat Terra lebih nyaman untuk dikendarai jarak jauh. Dengan ground clearance 225 mm, SUV ini diklaim dapat melalui berbagai medan termasuk off road.