Pola Asuh Anak dengan Menerapkan Komunikasi Efektif

Orangtua mana yang tak senang jika dikaruniai anak. Mendidik anak merupakan tanggungjawab orang tua yang tidak mudah. Karena sejatinya anak akan menjadi generasi penerus bagi keluarga maupun negara. Agar anak bisa tumbuh dan berkembang menjadi individu yang baik, Pola asuh anak usia dini perlu diterapkan dengan baik sejak dini jua. Sayangnya banyak orangtua belum terlalu paham perihal pola asuh anak usia dini. Sebagian orangtua menganggap anak kecil dengan perilaku yang kurang baik atau nakal berasal dari mereka sendiri. Padahal, pola asuh orangtualah yang berperan penting dalam membentuk perilaku dan karakter anak.

Pola asuh anak usia dini yang baik juga memiliki beberapa pokok permasalahan yang perlu diperhatikan agar cara mengasuh anak menjadi efektif. Orangtua harus ingat bahwa setiap anak memiliki karakter ataupun perilaku yang berbeda- beda, sehingga orangtua harus selalu berfikir kreatif bagaimana cara untuk mendidik dengan menyesuaikan pola asuh anak yang mereka terapkan.

Pola asuh anak usia dini yang efektif ditumpu dengan komunikasi yang efektif dari orangtuanya. Komunikasi yang efektif akan membantu perkembangan anak dari segi sosialnya. Tak hanya segi sosial namun akan membantu meningkatkan kecerdasan anak.  Selain itu anak akan menjadi lebih percaya diri dan lebih ceria. Orangtua harus sering mengajak anak berkomunikasi bisa lewat cerita, Apa yang dilakukan anak di sekolah, Meminta anak untuk menyampaikan pendapatnya ataupun menanyakan sesuatu pada anak dengan membuka pertanyaan agar anak aktif bercerita.

Dalam hal komunikasi efektif ini, ketika orang tua sedang mengajak anak berbicara usahakan untuk menatap pada anak secara langsung agar anak merasa diperhatikan. Jangan berusaha berkomunikasi sambil melakukan hal lain seperti main HP atau menonton TV karena anak akan merasa dirinya diacuhkan. Pastikan interaksi terjadi antara orangtua dengan anak. Hal itu dapat mengajarkan anak untuk mendengarkan dengan baik apa yang dikatakan oleh orangtuanya. Selain lewat komunikasi efektif untuk mengembangkan pola asuh anak usia dini orangtua harus kompak. Ayah dan ibu harus bekerjasama dalam mendidik anaknya. Orangtua harus sependapat dan sejalan, jangan sampai ketika ayah bilang boleh ibu bilang tidak boleh. Hal tersebut akan membuat anak bingung. Kekompakan ayah dan ibu juga dapat melatih anak untuk baik dalam lingkungan berkelompok dan kemampuan kerja sama dengan orang lain yang lebih baik. Jika kerjasama yang dilakukan oleh ibu dan ayah dapat terjalin baik maka pola asuh anak yang diterapkan juga akan berjalan dengan semesatinya.

Leave a Reply